Senin, 02 Januari 2012

DOKTER,, OH DOKTER,, SAYA SAKIT APA?

Selama 3 hari ini aku mengalami sakit di tulang paha, tepatnya diatas dengkul (sekitar sendi), sakitnya luar biasa…mpe nangis-nangis. Segala obat dicoba. Antalgin pun tak mempan!
Sebelumnya,selama beberapa hari  aku merasakan sakit dipunggung. Sakitnya tiba2, pegal2 di tulang belakang. Ortu menyarankan di urut. Walaupun aku tak suka di urut, akhirnya aku mau juga di urut… eh ternyata sembuh. Namun, sembuh dipunggung,, giliran tulang pahaku pula yang sakit. Akhirnya diputuskan periksa ke dokter...

Pertama kali periksa (sakit tulang paha kanan) dokter mengira aku sakit kanker tulang,
“takutnya ibu mengalami gejala kanker tulang”
“baiknya kita ronsen dulu,,”
Deg! Pernyataan dokter itu tentu membuatku takut. Namun aku kembali sedikit tenang karena hal itu belum pasti sebelum dilakukan ronsen tulang. Dokterpun menyarankan untuk melakukan ronsen tulang paha dan paru2.
Besoknya, ditemani suami, kami pun pergi ke rumah sakit.

Setelah menunggu kurbi 2 jam hasilnya sudah bisa diambil. Kami pun mencoba membaca hasil ronsen itu. Hasilnya (sebagai orang “awam”) tak ada apa2,  semuanya normal. Hanya saja di situ tertulis  kesan  “ subcutis hematom pada antero distal Femur kanan”… dari hasil browsing kami ternyata maksud/arti kalimat itu kurang lebih begini “terdapat pembekuan darah didekat tulang paha kanan…” hmmmm…
Malamnya kami pun langsung kembali ke dokter, hasil ronsen dibaca, dan…
“bagus, tak ada kelainan apa2, syukurlah bukan kanker tulang ya,,” kata dokter.
“alhamdulillah..” ucap kami bebarengan.
“namun disini ada keterangan hematom, itu artinya ada pembekuan darah di dekat tulang paha ibuk..” kata dokter lagi.
Nah,, dokter mengira itulah penyebab sakit paha yang kualami itu…,
“pernah jatuh atau terbentur sesuatu?”
“tidak pernah dok”
“mungkin tanpa sengaja, jadi ibuk tidak sadar pernah terbentur”
“hmm,,,namun seingat saya tidak pernah dok, cuman bbrp hari yg lalu pernah duduk impit-impitan dimobil”
“nahh…mungkin itulah penyebab hemotom itu”..
“ohh…gitu ya dok…”
Akhirnya debat selesai sudah, resep pun di tulis. Kamipun pulang…
Besoknya kami ke apotik,, jrengggg… gila, ternyata obanya muahaaalll.. nyampe 850ribu-an! Padahal Cuma 2 jenis pil dan 1 jenis obat oles pereda nyeri untuk  1 minggu, entah obat apa itu. kami berpikir demi untuk sembuh tanpa pikir panjang obat2 itu pun kami beli, itupun Cuma beli 1/2nya dulu..hehe.

Alhamdulillah, 3 hari selama meminum obat sakit di paha ku itu sudah berkurang, namun ternyata muncul LEBAM-LEBAM dan BINTIK BINTIK MERAH di permukaan kulit, kami pikir inilah yg dinamakan “hematom” itu,,,
“oh,,mungkin ini menandakan sakit ku bentar lagi akan sembuh”.

Seminggu sudah, obat yg aku minumpun habis, obat oles pereda nyeri masih bersisa sedikit. Sakitnya tidak terasa lagi, alhamdulillah, aku senang dah bisa jalan n masak2 lagi... senangnya lagi besok 12 september, hari  ulang tahunku.. J

2 komentar:

  1. Saya juga mengalami hal yang serupa, mohon kasih tahu, obat itu namanya apa, dan apakah mudah dijangkau di apotik - apotik?
    mohon kirim kabar di email: budisl.mjkcrb@yahoo.com
    terima kasih infonya,,

    BalasHapus
  2. Iya bu tolong share nama obatx apa ya.. sy ni skrg juga sakit begitu.. email sy ajeng_dewirani@yahoo.com

    BalasHapus