Sabtu, 31 Maret 2012

KEMO TAHAP 2

Karena kondisiku masih lemas, dokter tidak mengizinkan kami pulang. Katanya aku tidak boleh pulang sampai kemo tahap selanjutnya, alhasil terbayang sudah bahwa aku akan berada beberapa bulan lagi dirumah sakit ini. Dan itu berat sekali. Aku sudah bosan, sangat bosan berada di dalam ruangan 3x3 seharian di atas tempat tidur ditambah dengan gantungan selang infus. Bosan telentang, duduk, bosan duduk tengkurap, bosan tengkurap miring, bosan miring telentang lagi. Huft!

Setelah menunggu 21 hari, kemo tahap 2 pun dimulai. Kali ini disebut konsolidasi. Kemonya Cuma 5 hari, dengan dosis daunorubycyn hanya 1 hari, alhamdulillah pikirku. Kemo kali ini ku jalani dengan nyaman, nafsu makanku telah kembali, aku makan banyak… nambah2, entah rasanya ingin makannn terusss… kata orang memang kalo orang yang nafsu makannya kembali setelah sakit, makannya akan lebih rakus, dan itu sudah kubuktikan, hehe.
Keluarga senang melihat aku banyak makan. Makanan apapun yang ku inginkan, dimasak dirumah dan diantar ke RS. Soalnya menu dari RS sudah bosan, dan sudah bisa ditebak pasti ada tahu!! (saking lamanya di RS ni..) Hehe. Dan memang saat nafsu makan ku lagi “normal” begini, berat badan naik, sengaja  kugunakan sebagai “tabungan” berat badan untuk menghadapi dampak kemo ke 2, pasti turun lagi.

Tak terasa, 5 hari pun berlalu. Kemo selesai.
“2 hari lagi cek darah ya bet” kata dokter.
“kapan saya boleh pulang dokter?” iseng2 ku tanya.
“kalau hasil lab bagus,boleh pulang. Asal banyak makan.”
Senang sekali ketika mendengar boleh pulang, alhasil langsung ku jawab
“makan ku banyak dok, malah lagi enak2nya” hehe.
Menunggu hasil lab, kami deg2 an, dan ternyata alhamdulillah trombositku di atas 200.000, Hb normal, dan leukositku normal.
Alhamdulillah pulangggg…..
Tapi dokter pesan “seminggu kontrol lagi, dan kita akan BMP. tapi jika besok saja sudah demam, harus di rawat lagi”
“oke dokter…”kataku.
Alhamdulillah, kami pulang, dan alhamdulillah juga bisa berlebaran haji dirumah. Senangggg…sekali….

3 hari dirumah membuatku nyaman, berdoa moga2 tidak di opname lagi. Tapi apalah daya, lusa setelah lebaran badanku mulai tak nyaman, kadang2 meriang. Aku pun cek darah lagi, dan ternyata trombositku turun, dari 200 ribu tinggal 20 ribu. Terpaksa aku harus opname lagi. Malamnya karena panas yang terlalu tinggi mencapai 39, 2 derajat badanku menggigil. Aku merasa dingginn..sekali. menggigil yang tak bisa dikendalikan, aku diselimuti berlapis2, tapi masih terasa dingin. astaghfirullah… aku opname lagi… ketemu suster2 lagi, di tempat yang sama, kondisi ruangan yang sama, Cuma berbeda nomor kamar saja. Dan dampak kemo pun mulai bermunculan, dan ternyata aku harus dirawat 1 bulanan.
Bersyukurnya setelah BMP pasca kemo ke 2, hasilnya complete remision lagi, alhamdulillah J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar